Thursday 23 May 2019

7 Peran Apoteker Terkini Dalam Pelayanan Kefarmasiaan di Apotek

Dalam melakukan Pelayanan Kefarmasian seorang apoteker harus menjalankan peran yaitu:
1. Pemberi layanan
Apoteker sebagai pemberi pelayanan harus berinteraksi dengan pasien. Apoteker harus mengintegrasikan pelayanannya pada sistem pelayanan kesehatan secara berkesinambungan.


2. Pengambil keputusan
Apoteker harus mempunyai kemampuan dalam mengambil keputusan  dengan  menggunakan  seluruh  sumber  daya  yang  ada secara efektif dan efisien.

3. Komunikator
Apoteker harus mampu berkomunikasi dengan pasien maupun profesi kesehatan lainnya sehubungan dengan terapi pasien. Oleh karena itu harus mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik.

4. Pemimpin
Apoteker diharapkan memiliki kemampuan untuk menjadi pemimpin. Kepemimpinan yang diharapkan meliputi keberanian mengambil keputusan yang empati  dan  efektif,  serta  kemampuan mengkomunikasikan dan  mengelola  hasil keputusan.

5. Pengelola
Apoteker harus mampu mengelola sumber daya manusia, fisik, anggaran dan informasi secara efektif. Apoteker harus mengikuti kemajuan teknologi informasi dan bersedia berbagi informasi tentang Obat dan hal-hal lain yang  berhubungan  dengan Obat.

6. Pembelajar seumur hidup
Apoteker harus terus  meningkatkan  pengetahuan,  sikap  dan keterampilan profesi melalui pendidikan berkelanjutan (Continuing Professional Development/CPD)

7. Peneliti
Apoteker harus selalu menerapkan prinsip/kaidah ilmiah dalam mengumpulkan informasi  Sediaan  Farmasi  dan  Pelayanan Kefarmasian dan memanfaatkannya dalam pengembangan dan pelaksanaan Pelayanan Kefarmasian.

0 comments: